3 Teknik SEO yang Sering Dilupakan




Strategi SEO yang benar akan menjadikan blog atau website kita berada di posisi teratas mesin pencari. Namun terkadang banyak blogger yang sering melupakan teknik SEO yang benar, nah sekarang saya akan memberikan ulasan mengenai 3 teknik SEO yang sering dilupakan oleh para blogger.

Dari sekian banyak Teknik SEO, ada beberapa diantaranya yang sering diabaikan oleh para blogger. Salah satunya adalah konten yang baik. Kualitas konten yang baik yaitu konten yang bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca, bahasanya yang mudah dipahami serta tidak membuat bosan. Maka dari itu perbanyaklah untuk membuat konten-konten yang menarik dan berkualitas tanpa melupakan aturan SEO yang semestinya.

Dengan begitu, konten yang baik serta strategi SEO yang baik juga akan semakin meningkatkan trafik kunjungan di blog kita.

Ada banyak teknik SEO ampuh yang bisa dipraktekkan, tapi berikut beberapa 3 teknik SEO yang sering dilupakan oleh para blogger.

1.      Title dan deskripsi tanpa keyword

Berbicara mengenai konten maka kita tidak bisa lepas dari title dan dekripsi, karena hal itu adalah label yang akan dibaca oleh mesin pencari Google, jika tidak diisi maka Google akan membaca paragraf awal konten Anda tidak teroptimasi secara benar, dengan begitu Google akan menganggap konten Anda tidak berkualitas dan menyingkirkan dari rangking teratas. Jika Anda pengguna CMS WordPress self hosted pastinya sudah tahu yang namanya plugin Yoast atau All in One SEO Pack. Tapi, meski menggunakan plugin tersebut banyak dari Blogger yang tidak mengoptimalkan fitur SEO Title dan Description. Padahal di dua form tersebut Anda dapat mengoptimasi kata kunci yang jadi fokus konten Anda agar bisa menarik minat para pembaca untuk klik di blog Anda.

2.      Internal link dan eksternal link

Teknik berikutnya ini juga tak kalah penting tapi sering dianggap remeh yaitu internal link atau tautan konten situs sendiri dan eksternal link atau tautan ke situs lain. Sejak update Google Panda, internal link dan eksternal link menjadi sangat vital. Namun begitu, internal link yang baik haruslah benar-benar mewakili isi teks yang dipilih. Jangan sampai memberikan rujukan internal link ke dalam teks yang tak ada hubungannya sama sekali.

Kemudian eksternal link atau rujukan ke situs lain. Banyak yang salah kaprah soal ini, karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar.Menurut saya, selama external link Anda tujukan ke web-web yang sudah mempunyai reputasi baik misalnya seperti Wikipedia. Maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web Anda. Malah sebaliknya, external link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan yang sama akan mempermudah para pembaca untuk mendapatkan informasi yang valid dan relevan. Dengan begitu secara tidak langsung Google akan melihat blog Anda sebagai blog yang berkontribusi memberikan informasi yang berkualitas.


3.      ALT title gambar yang kosong

Alt title pada gambar sering sekali dilupakan oleh para Blogger, padahal komponen tersebut yang akan menjadi rujukan bagi Google untuk menampilkan gambar Anda di Google Image Search.

Google tidak bisa membaca file gambar (image), maka disini penggunaan attribut alt diperlukan sebagai pengganti untuk menjelaskan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut. Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.  



Nah, itulah 3 teknik SEO yang sering dilupakan, memang terkesan sangat sederhana, tapi pengaruhnya terhadap rangking SEO Anda sangatlah besar. Setelah mengetahuinya silahkan Anda coba lebih memperhatikan 3 teknik tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

0 komentar