Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Cerdas Memilih Investasi Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Menggandakan uang sangat dibutuhkan demi keberlangsungan hidup di masa depan demi terhindar dari gejolak inflasi. Salah satu caranya dengan terjun ke dunia investasi. 

Investasi Terbaik


Sebagai pemula pasti anda bingung menentukan investasi apa yang cocok, simak tips cerdas memilih investasi terbaik berikut ini:

Tujuan Investasi

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari memulai investasi tersebut baik itu investasi jangka pendek, menengah atau panjang. Setiap investasi yang dipilih memiliki tingkat kecocokan dan risiko berbeda tergantung dari tujuan anda berinvestasi.

Pelajari Produk Investasi

Tips memilih investasi terbaik selanjutnya yaitu pelajari mengenai produk investasi. Jenis produk investasi sangatlah beragam seperti saham, obligasi, deposito, reksadana, dan masih banyak lagi. Setiap produk investasi memiliki kekurangan serta kelebihannya  masing- masing. Anda juga dapat mempelajari dari buku, seminar, youtube dan media pembelajaran lainnya.

Platform Investasi

Setelah menemukan tujuan dari investasi, selanjutnya menentukan platform investasi yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam mengikuti cara berinvestasi, karena akan berakibat fatal seperti kerugian.

Saat ini sudah tersedia berbagai platform investasi yang beragam sesuai dengan keutuhan, anda dapat menggali informasi mengenai platform tersebut melalui situs resmi atau berdasarkan review yang dilakukan orang lain, selain itu lakukan analisis pribadi.

Perhatikan Risiko

Setiap investasi memiliki risikonya masing – masing. Pada umumnya makin tinggi keuntungan yang akan didapat maka akan besar risiko yang diterima, hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Untuk itu, sebagai pemula bila belum memiliki persiapan matang dengan produk investasi yang terlalu berisiko, anda bisa  memulai dengan membeli instrumen investasi yang aman dan mudah dipahami serta memiliki risiko rendah dahulu.

Pahami Instrumen yang Dipilih

Langkah selanjutnya yaitu memahami instrumen yang akan anda dipilih. Sebagai contoh ingin membeli saham, maka anda harus mengetahui informasi mengenai perusahaan, performa selama lima tahun ke belakang, kinerja perusahaan, susunan direksi dan masih banyak lagi.

Perhatikan Kondisi Keuangan

Hal penting yang perlu diperhatikan yaitu kondisi finansial, pastikan ketika anda melakukan investasi hal tersebut tidak mengganggu keuangan utama anda. Perlu diketahui bahwa setiap instrumen investasi dijual dengan harga tertentu dengan jaminan keamanan yang berbeda. Apabila modal yang anda miliki pas –pasan makan sebaiknya mulai investasi dengan nominal kecil terlebih dahulu.

Jangan Berlebihan

Tips selanjutnya yaitu jangan berlebihan ketika melakukan investasi, lebih baik lakukan secara rutin dengan nominal yang bisa anda sanggupi. Terlalu berlebihan dalam berinvestasi dapat mempengaruhi kondisi mental dan psikologis khususnya bagi pemula.

Jangan Keseringan Memantau

Tips memilih investasi terbaik yang terakhir adalah jangan terlalu sering memonitor perkembangan investasi yang anda lakukan karena akan berdampak buruk seperti takut dan khawatir mengambil keputusan.

Post a Comment for "8 Tips Cerdas Memilih Investasi Terbaik, Jangan Salah Pilih!"