Peran Blogger Dalam Mencerdaskan Bangsa

Assalamualaykum WR. WB.
Hello sobat blogger di seluruh Nusantara!
Teruslah berkarya dan berkontribusi untuk kejayaan negeri kita tercinta.

Peran Blogger dalam Mencerdaskan Bangsa


Blogger selayaknya menjadi pelopor dalam memerangi kebodohan.
Ini kalimat ambisius tapi bukan mustahil untuk dilaksanakan,dan selama ini terbukti demikian.
Semangat para pejuang, pendahulu kita, untuk memerangi dan mengusir penjajah dari tanah air, sudah selayaknya diteruskan oleh para blogger dalam wujud yang berbeda.
Jika para pejuang kemerdekaan berani mengangkat senjata dengan seadanya untuk memerangi penjajah, maka para blogger harus ikut barisan dan bahkan jika perlu menjadi pelopor dalam memerangi kebodohan.
Mengapa demikian ?
Yup, karena blogger bisa menyebar luaskan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi secara masiv dan menjangkau seluruh penjuru tanah air tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
Jika boleh saya katakan, blog merupakan universitas terbuka dengan aneka ragam fakultas dan multiprogram studi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi, kapanpun dan dimanapun kita dapat mencari berbagai macam informasi melalui jaringan internet.
Jika seseorang menuliskan kata “Kuliner” di browser, maka hanya dalam hitungan detik akan muncul ribuan artikel tentang kuliner.
Demikian pula jika adik-adik pelajar dan mahasiswa mencari artikel tentang sejarah Indonesia, matematika, pelajaran bahasa Inggris, pesawat terbang, kincir air, flora dan fauna, profil Negara, ragam pengetahuan tentang keislaman, maka mereka akan mendapatkannya dalam waktu sekejap.
Jika ada yang ingin mengetahui cara membuat rendang, gulai, kari, opor dll, maka resepnya juga bisa dicari dan diketemukan di blog.
Demikian pula jika ada sahabat piawai bahasa Inggris dan yang ingin menjalankan usaha rumahan, maka mereka bisa mencoba tip tentang usaha rumahan kursus bahasa Inggris.
Menyadari akan manfaat blog sebagai sumber informasi dan illmu pengetahuan dan tekhnologi (Iptek) tersebut, maka peran blogger dalam ikut serta memerangi kebodohan tak dapat diragukan lagi.

Cara Blogger dalam Mencerdaskan Bangsa


Blogger dapat membantu pemerintah untuk mencerdaskan bangsa melalui dua cara:

1. Kegiatan secara online,

Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan blog atau website yang dikelolanya.
Untuk menjalankan peran ini tentu saja seorang blogger harus membangun blog yang baik dan berkualitas, mudah diakses dan berisi konten yang menarik dan bermanfaat bagi para pembacanya.
Akan jauh lebih bagus jika artikel atau konten yang diterbitkan sesuai dengan latar belakang pendidikan, profesi atau pekerjaannya dan juga memiliki pengalaman atau bekerja pada bidang tertentu serta keahlian yang dia miliki.
Seseorang yang hobi atau bekerja di bidang otomotif tentu akan lebih bagus jika membuat blog tentang otomotif daripada menulis tentang kesehatan.
Demikian pula seorang serjana pertanian, dia akan lebih tepat untuk menulis tentang flora dan fauna.
Institusi pendidikan dan para guru sebaiknya juga memiliki blog yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Hal ini akan sangat membantu para murid atau mereka yang ingin menyerap ilmu.
Ada kalanya murid enggan bertanya kepada guru dalam proses belajar-mengajar.
Dengan adanya blog yang dibuat oleh para guru, mereka dapat meningkatkan pengetahuannya, berlatih mengerjakan soal matematika dan lain sebagainya.
Selain itu, seorang guru yang memmiliki keterampilan dalam bidang tulis-menulis, akan jauh lebih berkualitas dan memiliki wawasan yang luas tanpa terbatasi oleh teori-teori baku yang ia baca dari sebuah buku.
Anda adalah seorang guru?
Ayoo mulai sekarang terjunlah dalam dunia blogger, insya Allah seiring berjalannya waktu kompetensi anda akan semakin meningkat.
(Baca juga: Sobat Ingin Sukses Tes CPNS? Bergabunglah Bersama Kami!
Cara Mudah Menjadi Blogger Sukses
Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Landing Page)

2. Kegiatan secara offline,

Kegiatan ini banyak ragamnya misalnya dengan menyumbangkan buku ke purpustakaan yang ada di daerah terpencil.
Hal ini dilakukan oleh sahabat blogger yang tergabung dalam Blogger Hibah Sejuta Buku.
Group di Facebook ini menghimpun buku dari anggotanya dan siapa saja yang ingin beramal lalu mengirimkan ke segala penjuru tanah air.
Hal ini saya kira merupakan kegiatan yang sangat mulia.
Seorang blogger juga bisa menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk mentransfer ilmunya dengan menyelenggarakan aneka kursus secara gratis di sekitar rumahnya.
Bukankah mengajar bahasa Inggris juga bisa meningkatkan kemampuan blogger dalam berbahasa asing tersebut?
Dengan cara ini maka kedua belah pihak akan memperoleh keuntungan yang sangat besar.


Peran Blogger dalam Mengisi Kemerdekaan


Peran blogger untuk ikut serta mengisi kemerdekaan sangat dibutuhkan, daripada menulis artikel yang memprovokasi orang lain untuk berbuat tidak baik, kan jauh lebih bagus jika bisa menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk menularkan ilmu yang bermanfaat.
Tidak sedikit para penulis professional dan terkenal memulai karirnya dalam dunia tulis-menulis terlebih dahulu terjun dalam dunia blogging.
Dengan cara itu maka dunia dapat, akhiratpun dapat. (Insya Allah)
Bukankah NabiMuhammad pernah bersabda:
"Apabila seorang anak Adam mati putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah, ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain, dan anak yang soleh yang berdo’a untuknya.”
(HR. Muslim)

Dari pemaparan di atas, layakkah seorang blogger dianugerahi gelar pahlawan tanpa tanda jasa?


Demikianlah peran seorang blogger sebagai pelopor dalam mencerdaskan bangsa.


Bagi blogger pemula seperti saya, blogging dapat mejadi lahan perjuangan untuk merubah peradavan untuk hidup yang lebih baik.


Semoga Bermanfaat.

0 komentar