Tukar Haluan Ilmu Blogging

Sekitar tahun 2014-2015, saya mulai mengenal dunia blogging. Pada saat itu istilah blog, blogging, dan blogger merupakan sesuatu yang cukup menarik.
Karena ketertarikkan itulah, dengan segala keterbatasan saya khususnya dalam hal prangkat, saya mencoba membuat blog dengan platform mywapblog.com yang beralamat di http://adinikhwan.mywapblog.com, dan yang paling disayangkan layanan ini sudah ditutup oleh pemiliknya. :(Pada waktu itu, saya membuat blog dengan menggunakan Nokia sejuta umat yakni E63.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya pun mencoba berbagai layanan blog seperti https://www.wordpress.com/ dan https://www.blogger.com/.
Karaena pada waktu itu semangat saya cukup tinggi, saya membaca berbagai macam referensi tentang blog. Salah satu yang paling saya ingat, bahwa ketika mau membangun blog yang sukses kita harus dan wajib menguasai yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Karena dengan menerapkan tekhnik inilah katanya blog akan popular di mata mesin pencari, dan dengan sendirinya blog yang SEO on page dan of page nya bagus akan jauh lebih cepat besar atau terkenal.
Namun ternyata bagi saya tidak demikian, ilmu SEO inilah yang malah menghambat kretipitas dan konsistensi blogging saya. Betapa tidak, gara-gara harus menerapkan tekhnik-tekhnik SEO, untuk melakukan ini dan itu, membuat blog saya seakan terbengkalai selama beberapa tahun terakhir ini.Dan akhirnya ketika memasuki tahun ke-4, saya menemukan ilmu baru, bahawasannya SEO itu bukan segala-galanya bagi seorang blogger. Toh di luaran sana tidak sedikit blog-blog yang bisa dibilang sukses dan besar tanpa mengunakan tekhnik SEO yang berlebihan, tapi lebih menekankan pada konten yang disajikan.
(Baca juga: Sobat Ingin Sukses Tes CPNS? Bergabunglah Bersama Kami!
Setelah Beberapa Bulan Mati Suri, Kini Adinikhwan.com Bangkit Lagi
Cara Mudah Menjadi Blogger Sukses
)
Beberapa blog yang menjadi tujuan utama ketika saya berselancar di dunia maya diantaranya
https://www.maniakmenulis.com/, https://www.maringenet.com/, https://www.asikpedia.com/, https://www.agusmulyadi.web.id/, dan banyak lagi blog-blog serupa yang sukses tanpa SEO yang berlebihan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Karena dari blog-blog inilah saya mendapatkan banyak hal yang terkait ilmu blogging, yang sedikit demi sedikit merubah pola piker saya tentang aktipitas blogging.

0 komentar