4 Cara Agar Makanan Tetap Segar Saat Kulkas Mati

Zaman modern ini hampir semua rumah memiliki lemari es di dapurnya untuk menyimpan makanan agar tahan lama. Makanan yang tidak disimpan dengan baik biasanya akan cepat rusak karena suhu udara yang hangat berarti bakteri mudah sekali untuk berkembang biak. Belum lagi beberapa jenis makanan memang akan lebih lezat bila terlebih dahulu didinginkan di lemari es. Tetapi lemari es sangat tergantung dengan listrik sementara infrastruktur di negeri ini masih menyebabkan listrik kadang padam tanpa pemberitahuan. Di bawah ini adalah beberapa cara agar bahan makanan Anda seperti buah dan sayur bisa tetap segar dan baik meski tanpa dimasukkan ke dalam lemari es.
Letakkan dalam air dingin
Ketika lemari es mati, segera keluarkan bahan makanan yang bisa cepat layu seperti buah dan sayuran. Keluarkan juga es-es batu dan air dingin yang Anda simpan di dalam freezer lalu letakkan di dalam sebuah wadah atau mangkok. Prioritaskan bahan makanan yang bisa cepat layu seperti bayam, kangkung, brokoli, atau buah yang sudah dikupas. Masukkan bahan makanan ke dalam wadah yang berisi es batu dan air dingin untuk menjaga suhu tetap dingin dan bakteri tidak dapat tumbuh.
Dianginkan di udara yang sejuk
Anda yang tinggal di daerah dataran tinggi mungkin tidak begitu memerlukan lemari es untuk menyimpan makanan. Anda bisa membuat lemari sederhana kemudian diletakkan di luar dan tetap awet karena udara sejuk yang menjaga kesegaran bahan makanan selama beberapa hari. Tetapi untuk yang tinggal di dataran rendah bisa dengan mengeluarkan bahan makanan di meja dan buka jendela pada malam hari agar angin malam bisa membuat makanan tetap segar.
Mengawetkan makanan
Banyak sekali makanan yang kini diawetkan agar bisa disimpan dengan waktu yang lebih lama, misalnya dengan cara dikalengkan. Meski tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, namun tidak ada salahnya Anda menyediakan beberapa makanan kaleng untuk keadaan darurat. Beberapa bahan makanan juga bisa diawetkan sendiri tanpa bahan pengawet yaitu dengan gula atau garam. Buah-buahan pun bisa dibuat menjadi manisan agar bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama.
Manfaatkan alumunium foil
Anda bisa mendapatkan kertas alumunium foil yang bisa digunakan untuk membungkus makanan dengan mudah di supermarket. Selain buah dan sayur, bahan makanan yang mudah rusak bila tidak segera dikonsumsi atau disimpan dalam suhu dingin adalah dagin-dagingan. Agar daging bisa tahan lama dan masih dalam keadaan bagus, sebelum dimasukkan ke dalam freezer bungkus dengan alumunium foil agar tidak ada udara yang bersentuhan dengan daging dan memberi kesempatan pada bakteri untuk tumbuh. Saat lemari es mati, daging yang dibungkus dengan alumunium foil bisa tahan setidaknya satu hari sebelum kualitas dagingnya menurun.


0 komentar