Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karena Pandemi, PP ITMI Gelar Tadarus Nasional Secara Online

Pengurus Pusat Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (PP ITMI) akan menggelar acara rutin tadarus nasional akbar tahunan.

Kegiatan tersebut digelar salah satunya untuk menyemarakan bulan suci Ramadhan. Termasuk pada tahun ini, agenda serupa tetap diselenggarakan meski dalam kondisi pandemi covid-19.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar secara terpusat dengan tatap muka langsung, untuk tahun ini dilakukan dengan sistem daring atau melalui media online menggunakan Skype.
Kegiatan tadarus nasional akbar ITMI juga akan disiarkan langsung secara live streaming melalui dua layanan media sosial yaitu

https://www.facebook.com/itmipusat dan http://blindradio.id-audio.club/radio/8010/radio.mp3#kegiatan
Menurut ketua umumPP ITMI (pengurus Pusat Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia), yang menjadi latar belakang adanya kegiatan tadarus nasional ini adalah sebagai bentuk langkah untuk mengevaluasi sejauh mana pembelajaran Al-Qur’an yang dilakukan oleh anggota Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI).

Kegiatan rutin yang waktu pelaksanaannya disaat menunaikan ibadah puasa, juga bertujuan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan.

“Tahun lalu tadarus nasional kita pusatkan di Al-Ukhuwah, tahun ini rencananya akan di pusatkan di Istiqlal Jakarta, Karena ada pandemi corona virus jadi kita ambil jalur online” katanya.

Yang menjadi unik untuk tausiah nasional tahun ini adalah, pematerinya berasal dari Gaza Palestina. Syekh Dr. Isa Amjad Mohammad, seorang pengajar Al-Qur’an, Sanad Qiroat’Asyarah dan Sanad Ilmu-ilmu keislaman. Sedangkan yang menjadi penerjemahnya adalah dari Indonesia yaitu Dr. Ahmad Basirt Mahfud, ketua Penyiaran Islam dan Penangkalan Pemurtadan PP ITMI dan Pengasuh Hafidz Tunanetra Indonesia.

Kolaborasi tausiah tersebut akan dilaksanakan pada 17 Ramadhan 1441 H, atau yang bertepatan dengan hari Minggu 10 Mei 2020.

Pelaksanaannya sendiri mengikuti waktu Gaza Palestina, diperkirakan dimulai pukul 11:00 waktu Gaza atau pukul 15:00 waktu Indonesia barat (WIB), sedangkan tadarusnya dimulai sekitar pukul 16:00 WIB. Selisih waktu Gaza Palestina dengan Indonesia bagian barat sekitar empat jam.

Channel live streaming melalui dua layanan media social di atas, maupun melalui Skype, tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat difabel Netra saja. Siapa pun, dimana pun baik difabel atau nondifabel dapat mengaksesnya.

Posting Komentar untuk "Karena Pandemi, PP ITMI Gelar Tadarus Nasional Secara Online"

Berlangganan via Email