Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Mudah Merawat Kamera Fotografi Agar Awet Dan Tahan Lama

Bagi seseorang yang hobi dalam bidang fotografi, tentu saja akan melakukan segala agar perangkat kamera yang dimiliki tetap awet dan bertahan lama dalam penggunaannya, bukan? Membahas mengenai tips dalam merawat kamera fotografi, Anda tidak boleh asal – asalan lantaran dapat mempengaruhi kinerja perangkat tersebut. Sebagai solusinya, sebaiknya Anda menerapkan beberapa tips perawatan perangkat kamera berikut ini. 

7 Tips Mudah Merawat Kamera Fotografi Agar Awet Dan Tahan Lama

Gunakan tas kamera

Sebagian orang beranggapan bahwa memasukkan perangkat kamera ke dalam tas justru akan merusak kamera, sehingga banyak dari mereka yang memilih untuk menentengnya. Namun, tahukah Anda bahwa anggapan ini ternyata tidak sepenuhnya benar. Sebab, menggunakan tas kamera ternyata juga bisa menjaga kamera dari beberapa kondisi yang mempengaruhi kualitas perangkat tersebut. 

Pakai peralatan khusus dalam membersihkan kamera

Pentingnya merawat kamera fotografi memang akan menjadikan perangkat tersebut lebih awet dan tahan lama. Dalam hal ini, Anda sebaiknya selalu menggunakan peralatan khusus dalam membersihkan kamera. Untuk peralatan khusus yang disarankan yakni bisa Anda beli di toko elektronik yang bisa digunakan untuk membersihkan lensa dan layar LCD kamera. Dengan penggunaan peralatan khusus ini, maka kamera Anda akan jauh dari masalah kerusakan. 

Lepaskan baterai dari perangkat kamera

Tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat perangkat kamera selanjutnya yakni dengan melepaskan baterai dari perangkat kamera. Tujuan dari hal ini yakni untuk menghindari masalah karatan baterai ketika ditaruh lama di dalam kamera. Oleh karena itu, bagi Anda yang mungkin berencana tidak menggunakan kamera dalam waktu yang lama, sebaiknya melepaskan baterai dari perangkat tersebut. 

Matikan kamera saat melepaskan bagian perangkatnya

Pada saat Anda ingin membersihkan lensa dan LCD maupun mengeluarkan baterai, ada baiknya untuk mematikan perangkat kamera tersebut terlebih dahulu. Tips merawat kamera fotografi ini penting dilakukan untuk menghindari masalah data korup dan debu masuk ke dalam sensor ketika Anda menyalakan kamera. Di samping itu, mematikan kamera juga akan membuat Anda lebih menghemat penggunaan daya baterai.

Pakai kartu garansi perangkat sebaik mungkin 

Jika Anda menemukan masalah pada kamera, tidak perlu khawatir untuk segera membawanya ke tempat servis. Sebab, disini Anda hanya perlu membawanya ke pihak dealer kamera / tempat servis resmi kamera yang Anda beli. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan kartu garansi perangkat sebaik mungkin tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Pilih kartu memori kamera yang baik

Dalam meningkatkan kualitas gambar yang akan Anda ambil menggunakan perangkat kamera tersebut, sebaiknya pilih kartu memori kamera yang baik dan sudah terbukti kualitasnya. Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan disini seperti memindah gambar menggunakan protective case, membersihkan memory card jika terkena debu, meletakkannya di tempat sejuk dan hindari meletakkan kamera di dekat sumber magnet. 

Gunakan filter lensa kamera 

Meski terdengar sebagai hal yang sepele, akan tetapi menggunakan filter kamera ini diklaim mampu melindungi dan merawat perangkat kamera Anda. Penggunaan filter ini juga akan melindungi lensa kamera dari sinar UV ketika dibawa saat matahari sedang terik. Untuk pemilihan filter ini, Anda bisa memilih salah satu dari banyaknya pilihan seperti polarizing filter, neutral density filter dan color filter. 

Dari ketujuh tips gampang dalam merawat kamera fotografi di atas, pastikan Anda menerapkannya dengan baik agar perangkat tersebut bisa lebih awet dan bertahan lama dalam penggunaannya nanti.

Post a Comment for "7 Tips Mudah Merawat Kamera Fotografi Agar Awet Dan Tahan Lama"