Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 5 Tips Cara Mengatasi Rasa Nervous Paling Gampang

Sudah bukan rahasia umum lagi jika rasa nervous / gugup / khawatir menjadi hal yang sangat mengganggu bagi sebagian besar orang saat akan tampil di depan khalayak umum. Jika kondisi ini semakin dibiarkan secara terus menerus, bukan tidak mungkin hal ini justru akan semakin membuat diri sendiri merasa tertekan dan tidak nyaman. Oleh karena itu, disini ada beberapa tips cara mengatasi nervous yang bisa dilakukan / diterapkan secara gampang. 

Kenali 5 Tips Cara Mengatasi Rasa Nervous Paling Gampang


Sekilas tentang kondisi nervous

Pada dasarnya, rasa nervous / gugup / khawatir ini merupakan perasaan yang paling umumnya terjadi ketika seseorang menghadapi kegiatan atau situasi yang penting dan belum akrab dengan dirinya. Beberapa kondisi dan situasi yang sering menjadi pemicu rasa nervous pada diri seseorang antara lain yakni seperti saat akan presentasi pekerjaan di depan banyak orang, melakukan proses interview kerja, berada di tempat yang asing dan lain sebagainya. 

Kondisi nervous ini sendiri juga sering kali disertai dengan beberapa gejala seperti pusing, sakit perut maupun sesak napas. Beberapa gejala ini bisa saja terjadi lantaran pada saat seseorang merasa nervous, maka tubuh akan memproduksi hormon adrenalin secara berlebihan. Yang mana, kondisi ini secara tidak langsung akan sangat mengganggu sistem pencernaan dan pernapasan dalam tubuh. 

Bagaimana cara mengatasi nervous paling gampang?

Meskipun rasa nervous merupakan hal yang normal terjadi bagi setiap orang, akan tetapi disini Anda perlu mengetahui beberapa tips cara mengatasinya agar tidak mengganggu keadaan. Beberapa tips mudah dalam mengatasi rasa nervous antara lain sebagai berikut :

1. Persiapkan diri sendiri secara matang

Mempersiapkan diri sendiri secara matang menjadi salah satu tips mudah untuk Anda lakukan agar terhindar dari rasa nervous / gugup. Dengan persiapan secara matang ini, maka Anda nantinya akan jauh lebih siap dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. Bahkan secara tidak langsung, tubuh akan jauh lebih rileks. 

2. Bicara dengan orang terdekat

Cara mengatasi nervous yang bisa Anda lakukan selanjutnya yakni berbicara dengan orang terdekat. Hal ini bisa menjadi tips paling mudah dilakukan lantaran secara tidak langsung akan membuat tubuh lebih rileks, menghilangkan stres dan pikiran menjadi lebih tenang. Tentu saja, rasa nervous yang Anda alami akan secara perlahan menghilang.

3. Melakukan teknik relaksasi tubuh

Melakukan teknik relaksasi tubuh selama 2 – 3 hari menjelang kegiatan yang membuat Anda merasa nervous juga penting dilakukan. Disini, Anda bisa melakukan teknik relaksasi seperti halnya yoga, meditasi dan mendengarkan musik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan hobi / hal lain yang membuat diri sendiri lebih rileks. 

4. Menulis hal – hal yang membuat diri sendiri merasa nervous

Mengatasi rasa nervous tentunya harus tahu lebih dulu mengenai pemicunya, bukan? Dalam hal ini, Anda perlu menuliskan beberapa hal yang menjadi pemicu rasa nervous itu sendiri. Ini penting dilakukan agar membuat tubuh dan pikiran Anda nantinya jauh lebih rileks. 

5. Menggunakan minyak wangi favorit

Cara ampuh mengatasi rasa nervous juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan minyak wangi favorit. Cukup dengan menyemprotkan minyak wangi yang mengandung aroma terapi, maka Anda nantinya akan jauh lebih rileks dan terhindar dari rasa nervous saat akan berhadapan pada khalayak umum.

Dengan menerapkan beberapa tips cara mengatasi nervous di atas, maka Anda akan jauh lebih percaya diri dan rileks saat berada di kegiatan / situasi yang membuat nervous itu sendiri.

Post a Comment for "Kenali 5 Tips Cara Mengatasi Rasa Nervous Paling Gampang"