Drama Perpindahan Domisiliku

Cimahi, Dalam rentan waktu 3 tahun terakhir ini, saya sudah menjadi 3 warga kota yang berbeda.
Sekitar tahun 2016 ke bawah saya tercatat sebagai warga kota Cimahi. Sekitar bulan November 2016, akhirnya saya pindah administrasi kependudukan dari kota Cimahi ke kota Bengkulu. Kebetulan mulai Mei 2015 saya ditugaskan untuk bekerja di salah satu UPT milik Kemensos yang ada di Bengkulu, yaitu tepatnya di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) “Dharma Guna” Bengkulu.
Alhamdulillah qodarullah, pada Maret 2018, saya pun pindah tempat kerja ke Cimahi, tepatnya diBalai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) “Abiyoso” Cimahi yang merupakan salah satu unit pelaksanateknis Kemensos juga.
Dengan sendirinya, administrasi kependudukan saya pun harus dipindahkan lagi. Karena sesuatu dan lain hal, akhirnya saya harus minta tolong sama teman untuk dibuatkan surat pindah lagi. Tadinya pengen ke Cimahi lagi. Tapi sayang, Allah menakdirkan lain, teman saya pun salah input alamat tujuan. Yang harusnya ke Cimahi, eh ternyata yang terinput malah alamat saudara di Kab. Bandung Barat.
Apa boleh buat, akhirnya saya pun jadilah warga Bandung Barat.
(Baca juga: Ternyata, Ini Toh Penyebab E-KTP Saya Tak Kunjung Beres)
Dengan alas an untuk menyamakan alamat pada setiap administrasi, seperti NPWP, data Taspen, perbankan, dan data-data lainnya, akhirnya saya pun memindahkan kembali data kependudukan saya dari Kab. Bandung Barat ke kota Cimahi.
Dikarenakan saya tidak punya waktu untuk membuat surat pindah sendiri, akhirnya saya pun minta tolong saudara untuk membuatkan surat pindah. Yakni mulai isi form RT, RW, Desa, Kecamatan dan Disduk Capil.
Dalam hal ini yang bikin saya geleng-geleng kepala, ternyata disini pun terdapat kesalahan, yakni kesalahan input RT/RW pada alamat tujuan.Untung saja kesalahan ini dapat diselesaikkan di Disduk Capil Cimahi. Bagi sobat yang mengalami hal serupa, sobat tak perlu khawatir, sobat tak perlu memperbaiki kesalahan alamat tujuan di Disduk Capil asal, kecuali kalau kesalahannya cukup patal. Karena bisa diperbaiki di Disduk Capil tujuan, selama kesalahan input alamatnya dalam wilayah kewenangan Capil setempat.

0 komentar